Sabtu, 03 Mei 2014

Museum Pusaka Nias

Museum Pusaka Nias

Museum Pusaka Nias merupakan sarana untuk melestarikan nilai-nilai kebudayaan Nias. Museum Pusaka Nias dikelola oleh Persaudaraan Kapusin Provinsi Sibolga. Museum seluas 2 hektar tersebut dapat dikatakan juga pusat rekreasi di Kota Gunungsitoli. Saat hari libur pengunjungnya bisa mencapai 1500 orang.

Museum Pusaka Nias yang dibangun Yayasan Pusaka Nias tahun 1995 tidak lepas dari jasa seorang pastor bernama Johannes M. Hammerle. Ia merupakan warga asal Jerman yang sudah menetap di Nias selama 40 tahun dan sekarang masih menjabat  sebagai direktur museum. Pastor Johannes telah berjasa mengumpulkan benda koleksi budaya Nias dari desa-desa di pedalaman pulau tersebut, koleksi benda bersejarah masyarakat nias berjumlah 6.500 koleksi.

Aktivitas
Di sini Anda dapat melihat langsung beragam koleksi berharga budaya Nias, diantaranya adalah: alat rumah tangga, alat musik tradisional, perhiasan, dan patung-patung. Benda-benda koleksi yang dipamerkan tersebut dilengkapi keterangan (Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) untuk mengetahui sejarah, makna, dan fungsinya. Perawatan benda koleksi museum ini terbilang baik dan beberapa koleksi menggunakan obat pengawet khusus agar tidak lekas rusak.

Koleksi Museum

Bukan hanya menikmati warisan budaya megalit di museum ini karena selepasnya Anda dapat berkeliling untuk mengunjungi obyek wisata tepi pantai, koleksi binatang langka, koleksi tanaman khas Nias, balai pertemuan dan beberapa rumah adat. Semuanya dapat Anda lalukan dengan berjalan kaki.

Lokasi
Anda dapat menemui Museum Pusaka Nias di Jalan Yos Sudarso No. 134-A Gunungsitoli, Nias, Sumatera Utara.
Website : http://www.museum.pusaka-nias.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar