Minggu, 11 Mei 2014

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon adalah perwakilan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa dan terluas di Jawa Barat. Taman ini merupakan habitat yang ideal bagi kelangsungan hidup satwa langka badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) dan satwa langka lainnya. Taman ini memiliki luas sekitar 122.956 Ha dan 443 km² di antaranya adalah laut yang dimulai dari tanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudera Hindia.

Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional ini menjadi Taman Nasional pertama yang diresmikan di Indonesia dan sudah di terdaftar sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO di tahun 1991, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Sampai sekarang kurang lebih ada 50 sampai dengan 60 badak yang hidup di habitat ini. Keanekaragaman tumbuhan dan satwa di Taman Nasional Ujung Kulon mulai dikenal oleh para peneliti dan pakar botani dari Belanda dan Inggris sejak tahun 1820.

Aktivitas
Taman Nasional Ujung Kulon merupakan obyek wisata alam yang menarik dengan keindahan alam serta keunikan berupa sungai-sungai dengan jeramnya, pantai pasir putih, air terjun, sumber air panas, taman laut dan peninggalan budaya (Arca Ganesha yang terdapat di Gunung Raksa Pulau Panaitan). Kesemuanya itu merupakan pesona alam yang sangat menarik untuk Anda kunjungi dan sulit ditemukan di tempat lain.

Badak
Taman Ujung Kulon karena memiliki 700 spesies tanaman dengan 57 kategori yang termasuk termasuk langka juga beragam jenis anggrek yang indah. Pengunjung dapat menikmati aliran deras sungai, air terjun, pantai berpasir putih, mata air panas bumi dan taman laut yang indah.

Tempat terbaik untuk mengamati hewan ialah di Pulau Handeuleum. Dari sini pengunjung dapat menjelejahi lebih jauh sungai dan hutan mangrove atau bakau. Sedangkan Pulau Peucang merupakan tempat yang ideal untuk diving, snorkeling, dan memancing dengan air biru yang begitu jernih, pasir putih, dan juga batu karang yang indah.

Lokasi
Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Kawasan Taman nasional ini juga memasukan wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil disekitarnya seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang. Jika Anda dari Jakarta, Anda dapat menuju Serang dengan menggunakan mobil melalui jalan tol, selanjutnya menuju ke Labuan yang memakan waktu sekitar 1,5 jam. Ujung Kulon dapat Anda jangkau dengan speedboat sewaan dari Labuan ke Pulau Peucang yang memakan waktu kira-kira 5 jam. Atau Anda dapat juga menggunakan mobil selama 3,5 jam dari Labuan ke Tamanjaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar