Minggu, 04 Mei 2014

Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno merupakan tempat pengasingkan Ir. Soekarno di Bengkulu pada tahun 1938-1942. Rumah pengasingan ini ukuran aslinya adalah 162 m² dengan bangunan 9 x 18 m. Bentuk bangunannya empat persegi panjang tidak berkaki dan dindingnya polos. Memiliki halaman yang cukup luas dengan atap berbentuk limas. Pintu utamanya berdaun ganda berbentuk persegi panjang dengan jendela persegi panjang berhias kisi-kisi. Belum diketahui kapan rumah ini pertama kali didirikan namun diperkirakan dibangun awal abad ke-20.

Aktivitas
Di rumah ini pengunjung dapat melihat benda-benda peninggalan Bung Karno yang memiliki nilai sejarah yang tinggi diantaranya sepeda ontel kesayangan Bung Karno, sejumlah foto yang dipajang secara acak di beberapa ruangannya, terpajang juga kursi, meja, hingga tempat tidur yang digunakan Bung Karno. Bahkan, ada pula surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati.
mesin jahit bendera pusaka
Di salah satu ruangannya dapat Anda temukan sebuah mesin jahit antik yang dulunya biasa dipakai Ibu Fatmawati. Sejumlah perlengkapan rumah tangga yang dulu digunakan Bung Karno pun masih tersimpan di sini. Pembagian ruangan dan penataan koleksi benda bersejarah di rumah ini rapi dan teratur. Untuk masuk ke rumah Bung Karno ini, pengunjung akan dikenakan biaya Rp2.500,-

Lokasi
Rumah Pengasingan Bung Karno terletak di Jalan Jeruk yang sekarang berganti nama menjadi Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar