Selasa, 20 Mei 2014

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya yang menampilkan miniatur dan menggambarkan keindahan serta keragaman Indonesia dalam area seluas kurang lebih 150 hektare. Taman ini adalah suatu rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat di seluruh kepulauan di Indonesia dimulai dari Aceh, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Pembangunan Taman Mini "Indonesia Indah" (TMII) digagasi oleh Siti Hartinah Soeharto, akrab dipanggil Ibu Tien Soeharto. Gagasan itu muncul setelah beliau mendengarkan dan menghayati isi dari pidato Presiden Soeharto tentang keseimbangan dan pembangunan Umum DPR GR Tahun 1971.

Aktivitas
Taman Mini dibangun untuk pendidikan dan rekreasi bagi keluarga, sejumlah taman flora dan fauna, museum, teater pertunjukan, teater Imax dan fasilitas-fasilitas lainnya. Beberapa objek wisata di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah adalah berikut ini : Pusat Peragaan IPTEK, Teater IMAX Keong Mas, Museum Indonesia, Museum Keprajuritan, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Minyak dan Gas Bumi, Museum Telekomunikasi, Museum Penerangan, Museum Olah Raga, Museum Prangko Indonesia, Museum Asmat, Museum Serangga dan Museum Komodo.

Bagi anak-anak di taman ini juga ada Istana Anak-anak Indonesia yang menyajikan dongeng  dari berbagai pulau di Indonesia dan dongeng dari seluruh dunia. Di sini juga tersedia taman hiburan untuk anak-anak dan kapal angsa untuk menjelajahi kepulauan di danau. Sedangkan untuk anak yang lebih besar dan dewasa ada Imax Theather di Keong Emas, panggung untuk pertunjukan musik, dan Snowy Bay dan rekreasi air.

Lokasi
Taman Mini Indonesia Indah terletak sekitar 25 kilometer dari Pusat Jakarta atau sekitar 5 kilometer dari Bandara Halim Perdana Kusuma yang dicapai melalui jalan tol Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar