Jumat, 09 Mei 2014

Pulau Sebuku

Pulau Sebuku

Pulau Sebuku merupakan pulau terbesar di Selat Sunda yang memisahkan Pulau Jawa dan Sumatera. Pulau ini tak berpenghuni dengan luas sekitar 17,71 km², Dulunya pada 1920-an, pulau ini terkenal sebagai area perkebunan penghasil kopra. Akan tetapi, karena kurangnya pengelolaan menjadikan hasil perkebunan tidak sebesar dahulu.

Tak jauh dari Sebuku, terdapat Pulau Sebesi seluas 16 km persegi. Pulau tidak berpenghuni itu kini menyediakan akomodasi untuk wisatawan yang mengunjugi Sebuku atau Anak Gunung Krakatau. Dari kedua pulau ini, mengamati Anak Krakatau dari kejauhan juga dapat menjadi kegiatan yang menambah kesan dan pengalaman perjalanan Anda.

Aktivitas
Pulau ini cukup populer sebagai tujuan wisata bahari, seperti menikmati panorama pantai, berenang, snorkeling, ataupun diving. Panorama laut dan pantai di pulau ini cukup memanjakan mata. Gugusan pantai landai berpasir putih dan air laut berwarna biru kehijauannya menyita perhatian dari kejauhan. Keindahan bawah lautnya juga menarik untuk dijelajahi.

Lanjutkan petualangan Anda ke Anak Gunung Krakatau. Dari Sebesi dibutuhkan waktu sekira 2 jam perjalanan dengan perahu motor untuk tiba di kaki gunung Krakatau. Biasanya perjalanan ke sana dimulai sebelum Matahari terbit. Oleh karenanya, perjalanan menuju ke Krakatau dilengkapi dengan menikmati pemandangan Matahari terbit Selat Sunda.

Lokasi
Pulau Sebuku terletak di area Teluk Lampung atau di titik sekira 2,5 km sebelah utara Pulau Sebesi dan 2,3 km di selatan Pulau Sumatera. Pulau Sebuku secara administratif berada di kawasan Kalianda, Lampung Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar