Sabtu, 03 Mei 2014

Museum Timah

Museum Timah

Museum Timah merupakan museum pertama di Indonesia yang isinya sarat dengan rekam jejak sejarah pertimahan di Bangka Belitung, museum ini berdiri pada tahun 1958, ketika ditemukan berbagai peralatan tambang timah tradisional yang pernah digunakan. Meskipun begitu, museum ini baru benar-benar diresmikan dan dibuka untuk umum pada 2 Agustus 1997.

Sebelum dijadikan museum, tempat ini semula adalah tempat tinggal karyawan perusahaan BTW (Banka Tin Winning). Museum ini menjadi tempat perundingan pemimpin-peminpin RI dengan Belanda sebelum perundingan Roem-Royen dilangsungkan.

Aktivitas
Di museum ini, pengunjung dapat melihat berbagai koleksi kuno yang berasal dari zaman dulu. Selain bebatuan yang merupakan hasil dari pertambangan PT. Timah, di sinipun dapat melihat berbagai artefak keramik yang berasal dari peradaban Tiongkok, termasuk pakaian adat yang digunakan dan uang-uang kuno.

Di dalam museum, pengunjung dapat mengetahui sejarah penambangan timah di Bangka yang dimulai sejak abad ke-17 pada masa Kesultanan Palembang. Selain itu, sejarah penambangan timah pada zaman kolonial Belanda juga terpampang di museum ini hingga akhirnya setelah Indonesia merdeka, tambang-tambang timah milik pihak swasta Hindia Belanda diubah statusnya menjadi milik Pemerintah Indonesia.

Lokasi
Museum Timah terletak di Jalan Ahmad Yani No. 179, Pangkalpinang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar