Kamis, 08 Mei 2014

Teluk Kiluan

Teluk Kiluan merupakan sebuah teluk yang banyak menyimpan potensi wisata bahari. Disini terkenal dengan populasi lumba-lumbanya yang sangat banyak. Bahkan termasuk yang terbanyak di dunia! dikarenakan Teluk Kiluan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Teluk ini mempunyai kedalaman dan suhu yang cocok bagi Lumba-lumba. Itulah mengapa Lumba-lumba sering mampir dan berenang di kawasan ini.

Teluk Kiluan
Di teluk kiluan, setidaknya ada dua jenis Lumba-Lumba di perairan sekitar teluk kiluan, spesies pertama adalah Lumba-Lumba Hidung Botol (Tursiops Truncatus) dengan badan yang lebih besar dan pemalu. Spesies yang kedua adalah Lumba-Lumba Paruh Panjang (Stenella Longirostris) yang bertubuh lebih kecil dan senang melompat.

Aktivitas
Setibanya Anda sampai di pulau kiluan, anda akan dihadapi dengan pemandangan hamparan pantai yang tidak begitu lebar namun mempesona. Pulau kiluan tidaklah luas namun memiliki pemandangan biorama sekitar yang eksotis. Jernihnya air laut yang hijau kebiruan sangatlah indah.

Teluk Kiluan
Dengan menyewa perahu cadik (jukung) seharga Rp250.000,00 hingga Rp300.000,-, Anda sudah akan bisa melihat dari dekat tarian dan lompatan puluhan bahkan ratusan lumba-lumba yang bersahabat dan bahkan dapat disentuh. Mereka senang melompat dan berenang di sisi perahu yang datang, seolah ingin menyambut kedatangan tamu manusia.

Lokasi
Teluk Kiluan terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar