Minggu, 25 Mei 2014

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu merupakan kawasan pelestarian alam bahari di Teluk kota Jakarta yang membentang sekitar 100 mil yang luasnya mencapai 108.000 hektar. Sebagian besar pantai di kawasan taman ini di lindungi hutan bakau yang menjadi rumah bagi berbagai jenis hewan seperti ular piton, ular cincin emas dan biawak.

Jumlah pulau di kawasan Taman Nasional Laut nyatanya tidaklah seribu melainkan sekitar 342 pulau yang diperkirakan ada 17 pulau sudah tenggelam akibat abrasi alam. Pulau yang ideal untuk berwisata ada sekitar 20 pulau dari 45 pulau wisata umum dan wisata khusus. Diantaranya ada 6 pulau di kawasan ini yang dijadikan sebagai tujuan wisatawan yaitu: Pulau Ayer, Pulau Kotok, Pulau Pantara, Pulau Putri, Pulau Sepa dan Pulau Bidadari.

Aktivitas
Umumnya para wisatwan yang datang ke Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu adalah untuk menikmati keindahan alamnya dengan kegiatan snorkeling atau diving. Salah satu nya di Pulau Tidung yang merupakan pulau yang paling lengkap fasilitasnya serta mampu menampung pengunjung dalam jumlah besar. Jika Anda ingin mengunjungi pulau dengan nuansa alam maka piliha yang tepat adalah Pulau Pramuka untuk ekowisata dan wisata edukasi.

Di kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, pengunjung juga dapat melakukan beragam atraksi wisata bahari seperti jet ski, fishing, canoe, snorkeling, wind surfing, dan scuba diving. Beberapa pulau juga sudah dilengkapi dengan fasilitas olahraga volley pantai, billiard, area jongging, tenis, bahkan golf.

Lokasi
Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu terletak sekitar 45 km dari sebelah utara Kota Jakarta, Secara administratif kawasan Taman ini berada dalam wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, yang terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, tepatnya di tiga kelurahan yaitu Pulau Kelapa, Pulau Panggang, dan Pulau Harapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar