Jumat, 16 Mei 2014

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong merupakan sebuah pantai landa berpasir yang cukup luas dan dibatasi oleh perbukitan yang disusun oleh batuan sedimen asal gunung api. Dahulu pantai ini dikenal dengan nama Pantai Karang Suraga, nama ini diambil dari seorang yang berlilmu tinggi yang bertapa di pantai ini hingga akhir hayatnya, orang tersebut bernama Suryadilaga

Seiring berjalannya waktu, pantai ini berubah nama menjadi Pantai Karang Bolong karena memiliki tebing karang besar di pantai yang bentuknya berlubang atau bolong di tengah. Salah Satu ujung karang pantai ini berada di tepi pantai sementara yang lain menghadap ke laut lepas. 

Para ahli geologi memperkirakan bahwa lubang bolong pada batu karang ini terjadi akibat terkikis oleh air laut dalam kurun waktu yang cukup lama. Meskipun begitu, ada juga yang berpendapat bahwa batu karang tersebut berlubang akibat dari letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Sehingga saat ini akibat pesisnya karang bolong ini belum diketahui secara pasti.

Aktivitas
Ada banyak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di sekitar pantai karang bolong. Di antarannya dengan berpiknik di tepi pantai sambil menikmati keindahan laut dan hemburan obak yang menghantam batu karang. Aktivitas wisata yang juga tak kalah menarik dilakukan adalah tracking menuju ke puncak karang. Perjalanan melalui anak tangga yang berkelok yang disertai dengan pemandagan hijaunya pepohonan di sekitar perjalanan menjadikan pendakian anda menjadi nyaman.

Di atas pendakian terdapat tempat yang cukup lapang untuk menikmati pemandangan pantai dari atas karang. Dari atas karang ini, pemandangan yang spektakuler dapat Anda saksikan. Keindahan birunya laut lepas tepat berada di hadapan mata. Sedikit ke arah kiri, Anda dapat melihat tebaran batu karang di tepi pantai yang dihantam oleh birunya ombak laut. Dari sini juga Anda bisa menyaksikan Gunung Anak Krakatau sembari menghirup udara pantai yang sejuk serta merasakan lembutnya sentuhan angin melambai-lambai.

Lokasi
Pantai Karang Bolong terletak sekitar 50 km dari pusat Kota Serang. Jika Anda menggunakan mobil atau motor, pantai ini berada di sisi kanan Jalan Raya Anyer dengan jalur menuju Pantai Carita dari kota Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar