Minggu, 04 Mei 2014

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough merupakan benteng peninggalan Inggris di kota Bengkulu. Benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1713-1719 di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris. Saat ini, benteng Marlborough masih berdiri kokoh di atas tanah seluas 44.100 m² dengan panjang 240,5 m dan lebar 170,5 m yang menghadap ke arah selatan dan membelakangi Samudra Hindia.

Bentuk arsitektur bangunan ini mirip dengan kura-kura, terdapat jembatan yang menghubungkan bagian kepala dan badan, sebuah jembatan di atas parit yang membentuk ekor dan jembatan yang menghubungkan jalan masuk dengan bagian luar. Dahulu ketiga jembatan ini bisa diangkat dan diturunkan. Sampai saat ini batas dinding terluar masih nampak yaitu berupa parit-parit.

Aktivitas
Di dalam bangunan ini pengunjung dapat melihat ruang tahanan, gudang persenjataan, kantor, beberapa meriam, ruang perlindungan, terowongan sepanjang 6 m dan lebar 2 m. Sedangkan di bagian belakang terdapat tiga makam yaitu makam Thomas Parr, Charles Muray dan satu makam tak dikenal. Terdapat juga prasasti nisan yang bertuliskan nama, tanggal dan tahun kematian tentara Inggris.

Lokasi
Benteng Marlborough terletak di pesisir pantai Tapak Paderi - Kota Bengkulu. Dari Bandar Udara Fatmawati Bengkulu, Anda dapat menggunakan taksi atau mobil sewaan hingga sampai di tujuan sekitar 1,5 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar