Kamis, 01 Mei 2014

Taman Nasional Bukit Duabelas

Taman Nasional Bukit Duabelas

Taman Nasional Bukit Duabelas merupakan kawasan hutan hujan tropis dataran rendah yang terletak di provinsi jambi dengan luas wilayah sekitar 60.500 ha. Di dalam kawasan hutan lindung ini berdiam Suku Anak Dalam atau Suku Kubu atau Orang Rimba. Menurut tradisi lisan suku Anak Dalam merupakan orang Maalau Sesat yang melarikan diri ke hutan rimba di sekitar Air Hitam di tamana nasional ini.

Aktivitas
Taman Nasional Bukit Duabelas adalah rumah bagi Suku Anak Dalam. Jadi berkunjung ke Bukit Duabelas untuk bertemu mereka merupakan kegiatan yang menarik. Bahkan, tidak sedikit orang sengaja berkunjung ke Taman Nasionl Bukit Duabelas hanya untuk merasakan hidup bersama keseharian Suku Anak Dalam.  

Suku Anak Dalam menyebut hutan yang ada di Taman Nasional Bukit Duabelas sebagai daerah pengembaraan; dimana mereka berinteraksi dengan alam, saling memberi, saling memelihara dan saling menghidupi. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, suku Anak Dalam melakukan kegiatan berburu babi, mencari ikan, mencari madu, dan menyadap karet untuk dijual.

Lokasi
Taman Nasional Bukit Duabelas terletak di provinsi jambi, perjalanan dapat ditempuh dari Jambi ke Pauh (menggunakan bis) melewati Muara Bulian sekitar 3 jam, dari Pauh dilanjutkan charter kendaraan ke Lubuk Jering dan Pematang Kabau sekitar 2 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar