Jumat, 02 Mei 2014

Gunung Menumbing

Gunung Menumbing

Gunung Menumbing adalah gunung yang cukup tinggi di sekitar daerah Mentok (Barat Laut Bangka) berdiri sebagai memorial sejarah bangsa Indonesia. Di lokasi gunung berketinggian 800 mdpl ini terdapat kamar presiden RI pertama Ir. Soekarno yang pernah di asingkan di Pulau Bangka.

Aktivitas
Di puncak Gunung Menumbing ini terdapat Bangunan Tua yang merupakan peninggalan sejarah. Untuk masuk ke dalam bangunan anda dipungut biaya sebesar Rp.2.500/orang. Di dalam bangunan tua tersebut pengunjung bisa melihat mobil VW (Volks Wagon) tua yang dikendarai Soekarno untuk berkeliling Mentok yang hanya tinggal body (kerangka) saja sedangkan mesinnya udah hilang.

Mobil VW (Volks Wagon)
Selain itu juga terdapat tempat tidur sebanyak 2 buah yang didalamnya dilengkapi kamar mandi, 2 buah kursi santai, 1 buah lemari pakaian dan sebagainya. Di luar kamar terdapat ruangan tempat Bung Karno menulis dan membaca.

Lokasi
Gunung Menumbing terletak di Kecamatan Mentok, sekitar 30 km dari Kota Mentok. Untuk menuju lokasi ini anda harus melapor lebih dulu di Pos 1 (Pintu Masuk) apalagi jika anda membawa mobil. Hal ini dikarenakan jalan yang sempit karena hanya bisa dilewati oleh satu kendaraan saja. Dengan mengendarai mobil atau sepeda motor maka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi pengasingan Ir.H Soekarno sekitar 15 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar