Kamis, 22 Mei 2014

Museum Wayang

Museum Wayang

Museum Wayang merupakan museum yang memamerkan berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh Indonesia dan mancanegara yang terbuat dari kulit, kayu maupun bahan lainnya. Gedung Museum Wayang sebelumnya merupakan gereja yang didirikan oleh VOC di tahun 1640 dengan nama “de oude Hollandsche Kerk”. Namun di Tahun 1808 gedung ini hancur akibat gempa, selanjutnya tahun 1921 gedung ini dibangun kembali dengan gaya Neo Renaissance yang fungsinya sebagai gudang milik perusahaan Geo Wehry and Co. 

Kini Museum Wayang memiliki koleksi sekitar 5.147 wayang yang berasal dari berbagai daerah di tanah air indonesia seperti Sumatera, Jawa, Sunda, Bali dan Lombok. Ada pula wayang dari mancanegara seperti dari Negara Malaysia, Perancis, Kamboja, Suriname, India, Amerika, Thailand, Vietnam dan Inggris.

Aktivitas
Di museum wayang Anda bisa melihat berbagai koleksi wayang baik dari lokal maupun mancanegara, Di museum ini juga terdapat perlengkapan seputar perwayangan dimulai dari alat penerangan yang biasa digunakan untuk membuat bayangan di belakang layar yang disebut dengan Lampu Blencong. Selain itu, Ada pula instrumen musik pengiring seperti gamelan dan panggung yang biasa dipakai untuk panggung boneka.

Anda dapat mengunjungi museum wayang setiap hari Selasa - Minggu pukul 09.00 sampai 15.00 dengan biaya tiket masuk sebesar Rp2.000,00 untuk dewasa, Rp600,00 untuk anak-anak dan Rp1.000,00 untuk mahasiswa.

Lokasi
Museum Wayang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 27 Jakarta Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar