Rabu, 07 Mei 2014

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan taman nasional yang termasuk dalam cagar alam tertua di Indonesia. Taman ini memiliki  lahan seluas 1.300 km² berupa dataran rendah di sekitar Sungai Way Kambas. Pembentukan awal taman nasional ini bertujuan untuk melindungi keberadaan gajah dan pada saat yang sama menciptakan saling menguntungkan untuk kedua gajah dan manusia.

Pusat Pelatihan Gajah Way Kambas resmi didirikan tahun 1985, dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG) namun semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi. Hingga sekarang PKG ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air.

Aktivitas
Di Taman Nasional Way Kambas, pengunjung bisa menikmati atraksi gajah yang sudah terlatih. Seperti atraksi gajah yang menari, atraksi gajah dengan iringan musik, misalnya sepak bola gajah yang cukup popular di kalangan wisatawan lokal, mengalungkan bunga, berjabat tangan, dan berenang. Jika mau, Anda bisa menunggang gajah-gajah ini dengan membayar sejumlah uang tentunya.
Pawang Gajah
Di Taman nasional ini para pengunjung juga bisa mengenal lebih dalam tentang Konservasi Gajah. Di sini kita bisa banyak berinteraksi dengan gajah dan banyak bertanya tentang gajah ke pawang-pawang yang berada di taman nasional ini.

Lokasi
Taman Nasional Way Kambas terletak di ujung selatan Sumatera atau 110 km dari Bandar Lampung. Untuk menuju taman ini perjalanan bisa ditempuh dalam 2 jam perjalanan darat dari Kota Bandar Lampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar