Senin, 05 Mei 2014

Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah dari nama nya saja membuat sebagian orang jadi ingin mencari tahu asal usul danau ini, Danau Dendam Tak Sudah memang tidak sewajar dengan danau lainnya, menyeramkan dan pastinya meninggalkan tanda tanya. Mengapa dinamakan Danau Dendam Tak Sudah? Menurut legenda, Konon dibalik danau ini terdapat kisah di dalamnya. Nama ”Dendam Tak Sudah” diambil berdasarkan cerita tentang muda-mudi yang mengikat janji sehidup semati. Akan tetapi, kisah cinta mereka terhalang oleh orangtua si gadis yang tidak merestui hubungan mereka.

Danau ini memiliki luas sekitar 37,50 hektar, Cagar Alam Danau Dendam Tak Sudah mengalami beberapa kali perluasan area. Pertama tahun 1936, dimana Pemerintah Hindia Belanda menetapkannya sebagai cagar alam dengan total luas 11,5 hektare. Pada 1979, kawasan cagar alam dipeluas lagi menjadi 430 hektare. Hingga pada 1999, luas kawasan menjadi 577 hektare.

Aktivitas
Selain sebagai kawasan konservasi, sumber air dan daerah cadangan air, tempat ini sering dijadikan lokasi penelitian ilmiah dan tentunya tempat rekreasi. Pastikan Anda mencoba berperahu atau menggunakan rakit ke seluruh penjuru danau. Bagi yang hobi memancing tentunya tempat ini ideal untuk memancing karena terdapat fasilitas berupa tempat atau perlengkapan memancing.

Kekayaan flora dan fauna di kawasan Danau Dendam Tak Sudah juga memiliki daya tarik sendiri, misalnya anggrek pensil yang langka dan endemik. Atraksi lutung dan kera ekor panjang yang kadang terlihat bergelantungan di pepohonan adalah daya tarik yang lain lagi. Sebagai kawasan cagar alam yang luas dan dilindungi, danau dan daerah sekitarnya merupakan potensi bagi wisata minat khusus, dimana Anda dapat melakukan penelitian untuk kepentingan pendidikan dan atau manfaat ilmiah lainnya.

Lokasi
Danau Dendam Tak Sudah terletak di Kota Curup, Bengkulu Utara, dari pusat kota bengkulu hanya berjarak 6 km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar