Kamis, 01 Mei 2014

Danau Kerinci

Danau Kerinci

Danau Kerinci merupakan sebuah danau vulkanik yang terletak di kaki gunung raja kabupaten kerinci, Jambi. Danau ini memiliki luas wilayah 5000 m persegi dengan ketinggian 783 m di atas permukaan laut dan memiliki kelililing sepanjang 70 km. Pemandangan di sekitar danau ini begitu menawan. Mata Anda tak akan bosan melihat hamparan air yang jernih dilatar belakangi barisan pegunungan yang anggun.

Danau Kerinci termasuk danau kedua terbesar di Sumatera. Keindahannya selalu dikaitkan dengan legenda yang ada di Kerinci yaitu Calupat dan Calungga dua bersaudara kembar yatim piatu yang tinggal di kaki Gunung Kerinci. Mereka memiliki pusaka Merah Delima dan Batu Putih peninggalan orang tuanya.

Aktivitas
Kawasan danau merupakan tempat rekreasi yang menarik, seperti memancing, berenang, dan juga perkemahan. Berbagai aktivitas lain dapat dinikmati sambil menyantap makanan khas danau yang teredia direstoran-restoran sekitarnya. Danau ini terletak ditengah lembah kerinci yang berjarak 16 km dari Kota Sungai Penuh.

Di tengah danau terlihat perahu-perahu nelayan sedang mengarungi permukaan airnya yang tenang. Di desa-desa sekitar danau, terdapat sejumlah batu berukir peninggalan masa megalit dari 2.000 tahun yang lalu.

Usai menikmati keindahanya, saatnya melanjutkan dengan wisata kuliner di sekitar danau. Ke Danau Kerinci rasanya belum lengkap kalau Anda belum mencoba makanan dan minuman khas daerah Kerinci. Anda harus coba santapan Beras Payo, Gulai Ikan Semah, Dendeng Beteko, Kacang Tojin, Lemang dan Jeruk Pelompek, ditemani secangkir Kopi Kerinci atau Teh Kayu Aro.

Lokasi
Danau Kerinci terletak di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Perjalanan menuju Danau Kerinci dapat dilalui dengan jalur dari kota Jambi menuju Sungai penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar