Jumat, 02 Mei 2014

Taman Rimba Jambi

Taman Rimba Jambi

Taman Rimba Jambi merupakan taman mini dan taman binatang yang berada di kota jambi, Taman ini didirikan sekitar awal tahun 80an di atas lahan seluas 18 ha yang menggabungkan dua konsep wisata, yaitu wisata hiburan (bermain) dan kebun binatang. Dengan harapan, selain dapat melihat aneka jenis hewan, pengunjung juga terhibur dengan berbagai macam permainan.

Taman Rimba Jambi memiliki koleksi hewan yang terdiri dari berbagai jenis burung dan hewan langka lainnya. Jenis-jenis burung langka yang dipelihara di taman ini, antara lain burung rangkok, pelikan laut, elang, rajawali, bangau, dan burung unta. Burung-burung tersebut ditempatkan di dalam satu ruangan yang dibangun seperti rumah kaca yang dirancang berbentuk bulat seperti bola besar. Sementara jenis hewan langkanya antara lain beruang hitam, gajah, dan buaya.

Aktivitas
Pengunjung dapat melihat dari dekat hewan hewan yang berada di kawasan taman rimba ini dan jika membawa makanan bisa memberikannya kepada hewan-hewan tersebut. Bagi wisatawan yang senang mengendarai binatang dapat mencobanya dengan menunggang gajah. Gajah-gajah tersebut siap mengantar para pengunjung untuk berkeliling di arena yang sudah disediakan oleh pengelola.

Di dalam taman juga terdapat bangunan rumah adat Kejang Lako. Rumah Adat Kejang Lako dibangun dengan konsep bangunan yang lebih modern tanpa meninggalkan ciri khasnya, yaitu bubungan rumah yang diukir dengan jenis ukiran burung angsa kejang lako. Rumah tersebut memiliki beberapa ruangan, seperti kamar yang berjumlah 15 ruangan dan 1 aula besar. Selain itu, di dalam taman juga terdapat 6 unit bangunan lainnya yang merupakan rumah adat dari 6 kabupaten di Provinsi Jambi. Antara satu bangunan dengan bangunan lainnya memiliki perbedaan yang khas.

Lokasi
Taman Rimba Jambi terletak di Jl. Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar