Rabu, 21 Mei 2014

Museum Bahari

Museum Bahari

Museum Bahari merupakan museum yang menampilkan koleksi benda-benda yang berhubungan dengan kebaharian dan nelayan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Dahulu museum bahari digunakan sebagai gudang termpat penyimpanan rempah-rempah Belanda, rempah- rempah tersebut merupakan komoditi utama yang sangat laris di daratan Eropa yang dibangun pada tahun 1652.

Aktivitas
Museum Bahari menyimpan kurang lebih 126 koleksi benda-benda sejarah kebaharian. Koleksi utamanya yaitu kapal dan perahu-perahu niaga tradisional. Di antara puluhan miniatur yang dipajang dalam museum ini terdapat 19 koleksi perahu asli dan 107 buah miniatur perahu. Disin juga terdapat peralatan yang digunakan oleh pelaut dan nelayan di masa lampau seperti alat untuk navigasi, teropong, jangkar, model mercusuar dan meriam.

Museum Bahari juga menampilkan koleksi dari biota laut beragam ikan di perairan Indonesia dan aneka perlengkapan serta cerita dan lagu tradisional dari masyarakat nelayan di Nusantara. Museum ini juga menampilkan matra dari TNI AL, maket Pulau Onrust, koleksi kartografi, tokoh-tokoh maritim Nusantara serta perjalanan kapal KPM Batavia - Amsterdam.

Lokasi
Museum Bahari terletak di Jalan Pasar Ikan No. 1 Sunda Kelapa, Jakarta Utara.
Untuk masuk ke dalam museum Anda akan di kenakan tarif sebesar rp. 2000/ orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar