Selasa, 20 Mei 2014

Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan sebuah pelabuhan tua yang lebih dikenal dengan pasar ikan. Pelabuhan ini sudah dikenal sejak abad ke-12 yang merupakan cikal-bakal kota Jakarta yang hari jadinya ditetapkan pada abad ke-16 atau tepatnya pada tanggal 12 Juli 1527.

Menurut ceritta sejarah, Pelabuhan Sunda Kelapa awalnya dibangun dengan kanal sepanjang 810 m. Pada tahun 1817, pemerintah Belanda melebarkanya menjadi 1.825 m. Saat ini pelabuhan Sunda Kelapa memiliki luas daratan sekitar 760 hektar dan luas perairan kolam 16.470 hektar.

Karena mempunyai nilai sejarah yang tinggi serta dikelilingi oleh bangunan-bangunan yang bersejarah, maka kini pelabuhan Sunda Kelapa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata bahari dan sejarah di kota Jakarta. Hingga sekarang Pelabuhan Sunda Kelapa adalah salah satu pelabuhan yang dikelola oleh PT. Pelindo II dan hanya melayani kapal antar pulau saja.

Aktivitas
Jika Anda berada di Jakarta tidak ada salahnya jika menyempatkan diri mengunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Anda bisa meneliti perjalanan sejarah dengan berkeliling di sekitar pelabuhan ini, disini ada Museum Bahari yang menampilkan dunia kemaritiman Indonesia pada masa silam serta peninggalan sejarah kolonial Belanda.

Anda bisa melangkahkan kaki ke arah selatan pelabuhan untuk menyaksikan Galangan Kapal VOC dan gedung-gedung VOC yang telah direnovasi, selainitu Anda juga bisa mengunjungi Kampung Luar Batang  yang bersejarah di sekitar pelabuhan ini, dahulu kampung ini merupakan lokasi pemeriksaan barang sebelum masuk ke Pelabuhan Sunda Kelapa.

Pagi dan sore hari merupakan waktu favorit para wisatawan karena pemandangan dari kapal kayu yang bersejajar dipadu dengan langit biru cerah menjadi latar belakang yang indah untuk Anda berfoto. Selain itu Anda juga bisa mengabadikan suasana pelabuhan mulai dari bersandarnya kapal hingga bongkar muat.

Reff : wonderful indonesia

Lokasi
Pelabuhan Sunda Kelapa terletak di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar