Senin, 05 Mei 2014

Pulau Tikus

Pulau Tikus

Pulau Tikus merupakan pulau kecil yang terletak di perairan Pantai Bengkulu. Pulau ini berada di sebelah barat dari kota Bengkulu dan dari pantai-pantai di Kota Bengkulu dapat terlihat. Pulau ini sering dikunjungi para wisatawan dan dapat ditempuh dengan menyewa perahu nelayan dari Pantai Zakat maupun Pantai Tapak Paderi.

Pulau Tikus memiliki garis pantai berpasir putih yang menariknya menjadi lokasi penyu sisik (eretmocheIys imbricata) dan penyu hijau (cheloma mydas) bertelur. Di kawasan ini juga terdapat ekosistem karang dan biota laut. Jenis karang yang dimaksud diantaranya adalah acroporase, poriter, fungia, pociIIopora, montipora, dan sarcophiton.

Aktivitas
Meski terbilang kecil, Pulau Tikus menjanjikan banyak keriangan dan potensi wisata yang banyak dan menyenangkan. Pemandangannya yang indah sudah menjadi daya tarik tersendiri. Di tambah lagi, lokasi sekitar pulau terbilang aman untuk berenang dan kegiatan penyelaman dasar laut. Airnya jernih dan menyimpan pesona batu karang yang indah.

Keindahan bawah laut Pulau Tikus cukup menggoda. Tentu mengasyikkan menyelaminya dengan snorkeling sambil mengagumi ikan-ikan laut penuh warna dan cantik berenang lincah di antara terumbu karang.

Lokasi
Pulau Tikus terletak 10 km di Barat Kota Bengkulu dan terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Dibutuhkan waktu sekira 1 jam untuk sampai ke pulau ini dengan menumpang (menyewa) kapal nelayan dari Pantai Tapak Padri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar