Jumat, 23 Mei 2014

Suaka Margasatwa Muara Angke

Suaka Margasatwa Muara Angke

Suaka Margasatwa Muara Angke merupakan sebuah kawasan konservasi alam di wilayah hutan bakau (mangrove) di pesisir utara Jakarta. Kawasan ini memeiliki luas sekitar 25.02 ha dan telah ditetapkan sebagai kawasan suaka alam cagar budaya di tahun1939. Selanjutnya Kawasan Suaka alam berubah status menjadi suaka margasatwa pada tahun 1998. Ini merupakan kawasan konservasi alam yang edukatif dan akan mejadikan kita peduli akan pelestarian lingkungan.

Aktivitas
Suaka Margasatwa Muara Angke merupakan rumah bagi beragam jenis hewan seperti ikan, buaya, kera, kepiting, kerang, udang, dan burung. Di kawasan ini terdapat lebih dari 90 jenis burung meliputi 28 jenis burung air dan 63 jenis burung hutan, 17 jenis di antaranya adalah jenis burung yang dilindungi. Selain itu juga terdapat monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang bergelantungan di atas pepohonan.

Suaka Margasatwa Angke mempunyai peranan penting bagi pelestarian hutan dan lingkungan di kawasan ini sekaligus jantung hijau di pesisir Jakarta. Di muara angke Anda dapat meresapi betapa pentingnya alam bagi kehidupan manusia. Kawasan ini terancam oleh sampah yang mengalir di kali Angke yang melintas tepat di depan kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke.

Lokasi
Suaka Margasatwa Muara Angke terletak berbatasan dengan kompleks pemukiman Pantai Indah Kapuk (PIK), tepatnya di jalan Pantai Indah Kapuk Utara 2, terus maju ke arah timur hingga kompleks ruko Mediterania. Pintu masuknya berada di seberang kompleks ruko Niaga Mediterania, di bagian timur PIK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar