Selasa, 22 April 2014

Museum Goedang Ransoem

Museum Goedang Ransoem

Museum Gudang Ransum merupakan sebuah kompleks bangunan bekas dapur umum para pekerja tambang batu bara dan pasien RSU Sawahlunto yang ketika itu berjumlah ribuan. Gedung Museum Gudang Ransum sendiri dibangun pada 1918 sewaktu penjajahan Belanda. Dapur umum ini dilengkapi dua buah gudang besar dan steam generator (tungku pembakaran) untuk memasak 3.900 kg beras setiap hari bagi para pekerja tambang batu bara.

Aktivitas
Berkelilinglah mengunjungi bangunan utama berupa dapur umum untuk memasak. Ada juga beberapa bangunan lain di tempat ini, yaitu:  gudang persediaan bahan mentah dan padi, tungku pembakaran buatan Jerman tahun 1894, menara cerobong asap, pabrik es batangan, klinik kesehatan, kantor koperasi, penggilingan padi (heuler), rumah kepala ransum,  rumah karyawan, pos penjaga, serta rumah jagal hewan dan rumah kepala potong hewan.

Temukan dan amati juga sebuah cerobong beton menjulang tepat berada di belakang bangunan mesin uap di museum ini. Bayangkan bagaimana aktivitasnya tempo dulu saat asap mengepul keluar dari cerobong tersebut dan para pekerja lalu lalang di sekitarnya terantai kakinya.

Lokasi
Museum Goedang Ransoem terletak di Jalan Abdul Rahman Hakim, Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Museum ini berada sekitar 94 kilometer atau dua jam perjalanan dengan kendaraan dari Kota Padang. Harga tiket masuk museum ini adalah Rp4.000 untuk dewasa, dan Rp2.000 untuk anak-anak. Jam aktif kunjungan museum ini adalah: Selasa hingga Jumat 07.30–16.30 WIB; Sabtu dan Minggu 09.00–16.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar