Rabu, 23 April 2014

Pulau Siberut


Pulau Siberut merupakan pulau terbesar di Kepulauan Mentawai dan berada di lepas pantai Sumatera Barat yang dipisahkan oleh Selat Mentawai. Siberut adalah rumah bagi 30.000 suku Mentawai yang hidup terisolasi dari modernitas. Konon suku Mentawai bermigrasi dari Nias ke pulau-pulau di kawasan Kepulauan Mentawai dan hidup terisolasi selama berabad-abad hingga ditemukan oleh Belanda pada tahun 1621.

Sebagian dari pulau siberut telah dilindungi dan ditetapkan menjadi taman nasional sejak tahun 1993, yang dikenal dengan nama Taman Nasional Siberut. Taman Nasional Siberut merupakan salah satu cagar biosfer menurut ketetapan UNESCO dalam Program Man and the Biosphere (MAB).

Aktivitas
Wisata budaya adalah salah satu suguhan yang ditawarkan ke Pulau Siberut terutama kehidupan dan kebudayaan suku Mentawai yang khas. Gaya hidup, tradisi, dan adat istiadat suku Mentawai adalah daya tarik wisatawan yang takkan ditemukan di tempat lain.

Selain itu Anda dapat mengunjungi Taman Nasional Siberut yang merupakan paket petualangan dari beragam kegiatan, yaitu berperahu, mendayung, berjalan kaki di jalur berlumpur, menikmati keindahan hutan tropis, dan juga pengamatan tumbuhan/satwa. Untuk menjelajahi pesona Siberut, terdapat sejumlah jasa biro perjalanan dan pemandu wisata yang dapat ditemukan di Padang atau pun di Bukit Tinggi.

Lokasi
Dari kota Padang jarak Pulau Siberut sekitar 155 km, perjalanan menuju Pulau Siberut menghabiskan waktu kurang lebih 12 jam menggunakan kapal ferry. Jika Anda ingin memasuki kawasan Taman Nasional Siberut, sebaiknya Anda terlebih dulu mendatangi kantor taman nasional Siberut yang beralamat di bawah ini.

Kantor Taman Nasional Siberut
Jl. Khatib Sulaiman No 46
Gedung ex. Kanwil Kehutanan lt. 3
Padang-Sumatra Barat
Website: http://tamannasionalsiberut.org/Potensi-Pariwisata/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar