Jumat, 18 April 2014

Taman Nasional Zamrud

Taman Nasional Zambrud

Taman Nasional Zamrud merupakan sebuah kawasan dimana ada dua danau yang berdampingan yaitu Danau Pulau Besar (2.416 ha) dan Danau Bawah (360 ha). Kedua danau ini memiliki air berwarna hitam dan menjadi rumah beragam fauna dan flora langka. Taman ini menyuguhkan keindahan yang seakan representasi keelokan batu zamrud yang banyak digemari itu. Danau dan hutan rawanya begitu asri dan alami meskipun airnya berwarna hitam jernih. Di sinilah alam dibentangkan dengan cantiknya tanpa banyak terjamah, liar sekaligus menentramkan batin.

Aktivitas
Berbagai keunikan di Taman Nasional Zambrud dapat anda temukan sebagai objek yang menarik untuk diteliti. Pemandangan di sepanjang Sungai Rawa begitu mengagumkan dikelilingi hutan lebat. Di Sungai Rawa juga akan Anda temukan ampang-ampang untuk perangkap ikan di tengah sungai yang dipasang nelayan setempat. 

Anda dapat memanfaatkan jasa pemandu dari warga setempat sekaligus untuk menyewa perahu pompong untuk melintasi dan berkeliling danau. Susurilah Sungai Rawa sepanjang 36 kilometer yang berbelok-belok dan menyempit untuk mengamati kekayaan flora dan fauna taman nasional luar biasa ini.

Lokasi
Untuk menuju Danau Zambrud maka Anda dapat menempuh perjalanan sekira 180 km atau sekitar 3 jam dari ibu kota Provinsi Riau, Pekanbaru. Anda dapat memanfaatkan kendaraan umum seperti bus dari terminal kota atau menyewa kendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar