Senin, 14 April 2014

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid yang berada di pusat Kota Banda Aceh. Masjid ini dahulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh. Dengan dinding putih cerahnya dan kubah megah berwarna hitam, masjid agung yang berusia 130 tahun ini adalah bangunan yang indah. Masjid ini lebih dari sekedar karya besar dari arsitektur Islam di Indonesia, karena dapat bertahan dari bencana tsunami pada tahun 2004 yang dipandang oleh banyak orang sebagai campur tangan langsung dari Sang Pencipta.

Aktivitas
Berjalan-jalan di sekitar masjid, waktu yang paling baik untuk berkunjung ke masjid ini adalah pada waktu sholat jum’at dimana seluruh bagian dan pelataran masjid dipenuhi oleh orang yang sedang melaksankan ibadah sholat Jum’at.

Lokasi
Masjid Raya Baiturrahman terletak di pusat kota Banda Aceh. Ditandai oleh menara setinggi 35 m, 7 kubah besar dan 7 menara masjid, Baiturrahman kemungkinan menjadi contoh bagi masjid-masjid lain di Indonesia dan semenanjung Malaysia, menggantikan masjid dengan  gaya atap berlapis-lapis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar