Senin, 21 April 2014

Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat  merupakan area konservasi alam terbesar di Sumatera, Indonesia yang memiliki luas wilayah sebesar 13,750 km² dan membentang ke empat provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Taman ini merupakan penyatuan dari beberapa cagar alam, yaitu Inderapura dan Bukit Tapan, serta Suaka Margasatwa Rawasa Huku Lakitan-Bukit Kayu Embun dan Gedang Seblat. Kawasan tersebut berfungsi  sebagai hidro-orologis yang sangat vital bagi wilayah sekitarnya.

Aktivitas
TNKS adalah tujuan wisata yang spesial. Ini berarti TNKS adalah tempat yang tepat untuk pencinta alam yang suka menjelajah di dalam hutan. Trekking ke pusat-pusat resor harus dipandu oleh petugas yang berpengalaman. Jika Anda ingin bermalam, Anda bisa ditemani oleh penduduk lokal untuk membawa tenda dan perlengkapan memasak Anda.

TNKS di Lumpo Resor memiliki air terjun yang disebut Air Terjun Lumpo yang terdiri dari tiga level dan yang tertinggi sekitar 80 meter. Dari pinggiran desa Limau Gadang, perjalanan akan memakan waktu 4 jam dengan mobil sejauh 7 km ke air terjun. Bukit Bontak dan Gunung Kerinci terletak di Solok Selatan. Selain trekking, hutan yang dilindungi ini dapat juga digunakan untuk berkemah.

Lokasi
Untuk menuju Taman Nasional Kerinci Seblat Akses yang paling mudah adalah di Sumatera Barat tepatnya dari Painan, distrik Pesisir Selatan atau Solok Selatan.  Di Painan Anda harus melapor ke Kantor Lumpo Resor, yang terletak tepat di belakang stasiun bus dan pasar. Bawa surat izin Anda dari Kantor Pusat Pengurus Taman Nasional II (PTN II) di Padang ke area konservasi (SIMAKSI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar