Minggu, 27 April 2014

Candi Bumi Ayu

Candi Bumi Ayu
Candi Bumi Ayu merupakan satu-satunya Kompleks Percandian di Sumatera Selatan dan menjadi salah satu situs peninggalan agama Hindu yang terdapat di pesisir sungai Lematang, tepatnya di Desa Bumiayu. Sampai saat ini tidak kurang 9 buah bangunan Candi yang telah ditemukan dan 4 diantaranya telah dipugar, yaitu Candi 1, Candi 2, Candi 3 dan Candi 8. Usaha pelestarian ini telah dimulai pada tahun 1990 sampai sekarang. Komplek Percandian Bumiayu meliputi lahan seluas 75,56 ha, dengan batas terluar berupa 7 (tujuh) buah sungai parit yang sebagian sudah mengalami pendangkalan.

Menyambangi Sumatera Selatan tidaklah lengkap rasanya apabila belum berkunjung ke Candi Bumi Ayu. Selesai berkunjung ke beberapa tempat-tempat menawan di Palembang seperti Sungai Musi, Jembatan Ampera, Wisata Benteng Kuto Besak, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin maka lanjutkan petualangan Anda dengan berwisata ke situs candi purbakala warisan Hindu (Siwaisme) yang mengesankan ini.

Aktivitas
Pengunjung bisa menyaksikan peninggalan sejarah agama Hindu di Pulau Sumatera. Percandian Bumi Ayu meliputi lahan seluas 75,56 Ha, dengan batas terluar berupa 7 (tujuh) buah sungai parit yang sebagian sudah mengalami pendangkalan, lihat langsung beragam arca seperti Siwa Mahaguru, Nandi, Agastya dan Narawahana. Di sini Anda dapat juga melihat peti peripih dan hiasan candi yang kental dengan simbol agama Hindu.

Lokasi
Candi Bumi Ayu terletak di pesisir Sungai Lematang, di Desa Bumi Ayu, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. Lokasinya berjarak sekitar 85 km dari Kota Muara Enim sekitar 85 km ditempuh dengan kendaraan darat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar