Senin, 14 April 2014

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia dengan luas 1.094.692 Hektar, secara administrasi terletak di dua Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Taman nasional ini mengambil nama dari Gunung Leuser yang menjulang tinggi dengan ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut di Aceh. Taman nasional ini meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya,pariwisata, dan rekreasi.

Aktivitas
Di Bukit Lawang atau Ketambe, berkeliling dengan berjalan kaki sangat menyenangkan karena desanya cukup kecil dan dapat diakses dalam waktu yang singkat. Anda dapat berjalan dari satu sisi ke sisi lainnya dalam waktu sekitar 25 menit. Ada tiga jembatan yang menyediakan akses ke resort seberang sungai. Akses ke Taman Nasional Gunung Leuser harganya Rp 20.000 per orang. Pembayaran dapat dilakukan di Bukit Lawang.

Lokasi
Dengan menggunakan bus dari Medan, di Terminal Bus Pinang Baris ke Bukit Lawang, 86 km melalui jalan darat ke barat laut. Bus berangkat setiap 30 menit. Kadang-kadang jadwalnya tidak pasti. Untuk kembali ke Medan, Anda dapat mengambil minibus atau bus besar dari Terminal Bus Bukit Lawang. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah dari bulan Juni hingga Oktober, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi:

Lembaga Pariwisata Tangkahan
Alamat : LPT Pusat Pengunjung Kawasan Ekowisata Tangkahan (Kawasan Ekowisata Tangkahan), Desa Namo Sialang, Tangkahan.
Telepon : 08126567432 atau 081361662387
Email : tangkahan_ecotourism@yahoo.com
Website : www.gunung-leuser-trek.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar