Minggu, 20 April 2014

Pulau Abang

Pulau Abang

Pulau Abang merupakan tempat wisata laut yang sedang dikembangkan oleh pemerintah kota Batam dan akan dijadikan salah satu daya tarik wisatawan. Pulau ini berukuran kurang lebih 2.000 x 5.000 m, dan berjarak lebih kurang 50 km dari daerah Muka-kuning pulau Batam.

Wilayah Pulau Abang meliputi beberapa pulau kecil dimana sebagian besar merupakan taman konservasi terumbu karang. Pulau utamanya berukuran hanya sekitar 10 kilometer persegi. Keindahannya bawah laut Pulau Abang dapat disandingkan dengan Taman Nasional Komodo, Bunaken maupun Raja Ampat.

Aktivitas
Di Pulau Abang dapat Anda temukan berbagai jenis spesies karang langka yaitu blue coral yang sulit ditemukan ditempat lain. Sekitar Pulau Abang dan Pulau Petung adalah lokasi yang tepat untuk memancing. Jenis ikan yang terdapat disini diantaranya adalah ikan selar, kakap merah, lencing, pasir merah, pinang, dan ikan buntal.

diving dan snorking

Jangan lewatkan kesempatan untuk melakukan diving dan snorking. Di pulau Abang tersimpan taman laut dengan kekayaan terumbu karang ditemani beragam biota laut penuh warna. Saat ini ada 9 titik penyelaman di Pulau Abang dan semuanya belum diberi nama, seakan menunjukan betapa alami alam bawah lautnya. Aktivitas diving di Pulau Abang dapat dikatakan aman karena selain dikelilingi pulau kecil juga tidak langsung mengarah ke laut lepas.


Lokasi 
Pulau Abang berada di selatan kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, atau 50 km dari Muka-Kuning Pulau Batam. Pulau Abang ini dapat dituju dengan mengendarai kendaraan dari Batam sekitar 1.5 jam hingga tiba di Jembatan 6 Barelang. Setelah sampai di Belerang lanjutkan dengan menyebrangi sungai budus dengan menggunakan perahu boat atau bot pompong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar