Minggu, 27 April 2014

Taman Bukit Siguntang

Taman Bukit Siguntang

Taman Bukit Siguntang merupakan sebuah bukit kecil setinggi 29-30 meter dari permukaan laut dan memiliki luas sekitar 6 hektar. Taman ini menyimpan banyak sejarah zaman Kerajaan Sriwijaya, pemerintahan perwakilan Majapahit dan Kesultanan Palembang Darussalam. Hingga kini bukit itu masih dikeramatkan dan diziarahi banyak pengunjung dan wisatawan asing.

Aktivitas
Di kaki Bukit Siguntang, Anda dapat menikmati suasana alam dipayungi rindangnya pepohonan seperti asoka, kayuagung, cempedak, pinus, jarak, rukam, kenanga, dan kayumanis. Sore hari bisa jadi waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan dan pesona indah Kota Palembang ditemani sinar Matahari terbenam di antara pepohonan rindang.

Sejumlah peninggalan bersejarah dapat Anda temukan di sini seperti kemudi kapal Sriwijaya yang ditemukan di kaki bukit, arca Buhda Amarawati, dan prasasti Kedukan Bukit yang menjadi bukti penting keberadaan Kerajaan Sriwijaya. Dari prasasti tersebut ditetapkan Palembang sebagai kota tertua di Indonesia tanggal 16 Juni 682 Masehi. Tanggal itu pula menjadi patokan hari lahir Kota Palembang.

Lokasi
Bukit Siguntang terletak di kawasan perbukitan di Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar