Selasa, 15 April 2014

Pantai Gapang

Pantai Gapang
Pantai Gapang adalah salah satu pilihan wisata bahari, Para penjelajah dunia (backpackers) juga menjadikan pantai ini masuk dalam list perjalanan mereka. Pantai ini dinamakan Gapang karena terkait dengan menjulangnya pohon-pohon yang berdiri tepat di tepi pantai yang bersih, yaitu pohon gapang, sehingga di sebut Pantau Gapang.

Lokasi
Untuk menuju Pantai Gapang maka Anda dapat berangkat dari Sabang atau dari Pelabuhan Balohan. Lama perjalanan ke Pantai Gapang sekitar 1 jam lebih perjalanan atau Sekitar 17 km dari kota Sabang. Ongkos perjalanan dapat lebih hemat bila Anda pergi bersama yaitu tiap orang bisa mengeluarkan biaya sekitar Rp50.000,00 untuk mencapai Iboih.

Transportasi kapal

Aktivitas
Banyak Aktivitas yang dapat Anda lakukan di Pantai Gapang diantaranya : 

Diving

Menyelam dan snorkeling selalu menjadi kegiatan yang paling utama ditawarkan di Pantai Gapang. Tarifnya biasanya tak jauh berbeda dengan pantai-pantai lain di Indonesia. Untuk snorkeling biasanya pengunjung mendapatkan perlengkapan sewaan yang disediakan di sekitar pantai dan resort sekitar. 

Berperahu mengitari kawasan pulau yang masih belum tersentuh ini pun menjadi alternative kegiatan di Pantai Gapang. 

Trekking mendaki puncak tertinggi di Pulau Weh juga tersedia dengan memanggil tour guide yang dapat membawa Anda ke puncak Gunung Keris, puncak tertinggi di Pulau Weh. 

Selancar angin merupakan salah satu kegiatan yang mulai populer di Pulau Weh, terutama di perairan Sabang yang tenang namun berangin kencang. Kejuaraan selancar angin pernah diselenggarakan di sini. 

Memancing menjadi salah satu alternatif kegiatan Anda selama di Gapang atau Pulau Weh secara keseluruhan. Di sini ikan berlimpah dan perairannya jarang dikunjungi sebagai titik kegiatan memancing sehingga tak sulit mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Jet ski, ski air dan power boat adalah kegiatan rekreasi yang paling tepat dilakukan di Gapang atau beberapa tempat di Pulau Weh karena memang perairannya yang mendukung. Masyarakat sekitar tak sungkan menerima hal baru yang membuat kehidupan di Pulau Weh semakin meriah dengan kegiatan wisata.

Beberapa tempat menarik di sekitar Pantai Gapang ialah Pantai Iboih, Pulau Rubiah, Tugu Kilometer Nol, hutan lindung tempat berkumpulnya monyet macaque, Pantai Pasir Putih, Air Terjun Pria Laot, pemandian air panas, gunung berapi di Jaboi, serta hydrothermal di lepas pantai Gapang bagi para penyelam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar