Rabu, 24 Juli 2013

Taman dan Jembatan Siti Nurbaya

Taman dan Jembatan Siti Nurbaya

Taman Siti Nurbaya adalah sebuah tempat berupa taman yang sangat indah di ketinggian dan ditumbuhi pepohonan rindang, Taman ini merupakan salah satu kawasan wisata yang dikenal sebagai Gunung Padang. Untuk mencapai taman, Anda harus melewati jembatan terlebih dahulu, yaitu Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan yang menghubungkan kota Padang dengan Taman Siti Nurbaya. Jembatan ini terbentang di atas Muara Batang Arau.

Sekitar 500 meter anda melewati jembatan, Anda akan tiba di kawasan Taman Siti Nurbaya. Untuk masuk ke dalam taman, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2.000. Anda harus menaiki anak tangga sepanjang 1 km yang terbuat dari semen. Setelah menaiki anak tangga yang panjang ini, Anda bisa melihat sebuah makam bertuliskan Siti Nurbaya. Letaknya di balik batu besar dengan celah selebar pintu masuk. Makam gadis Minang yang dijodohkan paksa dengan Datuk Maringgih ini telah dilapisi semen sehingga tampak sangat terawat.

makam bertuliskan Siti Nurbaya
Di makam ini, sekilas Anda akan diajak mengenang kisah kasih tak sampainya dengan Samsul Bahri, sang kekasih. Sayangnya, pengunjung yang datang dilarang untuk berfoto di sekitar makam. Konon, aktivitas tersebut bisa berakibat buruk bagi si pengunjung.

Setelah puas berziarah di Makam Siti Nurbaya, Anda bisa beristirahat di taman dengan kembali menaiki tangga sepanjang 100 meter. Di sana, ada sebuah taman indah dengan pepohonan rindang dan bangku untuk pengunjung. Dari taman ini, Anda bisa melihat pemandangan Kota Padang dan laut birunya. Menikmati pemandangan Kota Padang sambil santap siang pasti terasa nikmat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar