Selasa, 23 Juli 2013

Bunker Lubang Jepang

Bunker Lubang Jepang

Lubang Jepang merupakan salah sebuah terowongan (bunker) perlindungan yang dibangun tentara pendudukan Jepang sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan. Lubang Jepang ini dibangun sebagai tempat penyimpanan perbekalan & peralatan perang tentara Jepang, Panjang terowongan lubang jepang mencapai 1400 m yang berkelok-kelok serta memiliki lebar sekitar 2 meter. Sejumlah ruangan khusus terdapat di terowongan ini, di antaranya adalah ruang pengintaian, ruang penyergapan, penjara, dan gudang senjata.

Kini, Lubang Jepang dikelola oleh pemerintah kota Bukittinggi dan menjadi objek wisata sejarah. Beberapa pintu masuk ke Lubang Jepang ini diantaranya terletak pada kawasan Ngarai Sianok, Taman Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi.

Aktivitas
Anda dapat melihat bagaimana tempat ini menjadi benteng pertahanan yang kuat. Terowongan ini berdiameter tiga meter  dan mempunyai dinding yang begitu tebal sehingga suara diluar sana tidak dapat terdengar. Terowongan ini termasuk luas, hampir dua hektar, dan memiliki enam pintu. Satu pintu terletak di Taman Panorama sementara yang lain di jalan menuju Ngarai Sianok.

Bunker Lubang Jepang

Lokasi
Bunker Lubang Jepang terletak di Jalan Panorama Bukittinggi, Sumatera Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar