Senin, 22 Juli 2013

Gedung Balai Kota lama

Gedung Balai Kota lama


Gedung Balai Kota Lama berdiri sejak tahun 1900 dan telah menjadi saksi perkembangan Kota Medan dari waktu ke waktu. Gedung ini di arsiteki oleh Hulswit dengan gaya Eropa klasik, memiliki dominasi warna yang putih, sehingga mirip dengan gedung-gedung besar di Eropa. Gedung ini menjadi saksi bisu dari peristiwa-peristiwa yang dahulu pernah terjadi di kota Medan, pada saat jaman kolonial Belanda, Jepang, dan sampai saat ini.

Aktivitas
Para wisatawan dari luar kota dan luar negeri sering mengabadikan foto mereka di Gedung Balai Kota Lama. Suasana siang maupun malam yang tampak sunyi, walaupun letaknya di tengah kota medan, dan dekat dengan Lapangan Merdeka. Saat ini, gedung ini hanya digunakan pada event-event besar saja, seperti pertemuan antar walikota, pertemuan wakil daerah, dll.

Gedung balai kota tua sekarang menjadi milik pemerintah kota Medan. Mampir lah sejenak untuk melihat sejarah gedung tua ini jika anda berada di kota Medan, dengan biaya masuk yang gratis. Anda dapat mengajak keluarga anda untuk rekreasi sekaligus bernilai edukasi dengan memperkenalkan sedikit sejarah tentang gedung tua ini kepada keluarga anda.

Lokasi
Gedung ini terletak di Jalan Balai Kota No. 1 Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Provinsi Sumatera, atau tepatnya berada di sebelah selatan Gedung Bank Indonesia Medan atau di sebelah timur Lapangan Merdeka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar