Rabu, 02 Juli 2014

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di bagian selatan Jawa Barat, dengan panjang garis pantai sekitar 16km mengarah ke Barat menjadikan Pantai Ujung Genteng sebagai tempat wisata yang indah sepanjang pesisir pantai selatan. Keindahannya tak kalah menarik dengan Pantai Pelabuhan Ratu yang lebih terkenal dahulu.

Pada masa kolonial belanda, Ujung Genteng adalah dermaga bagi kapal-kapal Belanda yang berlayar di Samudera Hindia. Ketika itu Jepang masih berkuasa da memanfaatkan pantai ini untuk mengangkut hasil alam di Sukabumi. Kini yang tersisa hanya puing-puing nya saja. Serta tembok kokoh pemecah ombak dan pondasi mercusuar yang masih bisa Anda lihat.

Aktivitas
Di Pantai Ujung Genteng Anda akan menikmati jernihnya air laut dan pantai yang indah. Di pantai ini juga Anda dapat ikut bersama nelayan untuk menangkap udang dan lobster. Walaupun menghadap ke Samudera Hindia namun ombaknya yang besar tidak membahayakan karena lebih dulu pecah berserakan terhalang oleh gugusan karang laut di depan bibir pantai. Tempat ini akan memanjakan Anda dengan suasana alam pantai yang indah, aman, dan nyaman.

Ujung Genteng juga memiliki objek wisata proses pembuatan gula kelapa oleh penduduk setempat. Pembuatan gula kelapa yang sederhana dengan memasang bokor untuk menampung cairan dari kembang kelapa lalu di kumpulkan dan dimasak di panci lalu dicetak dengan potongan bambu yang ukurannya lebih besar dari ukuran gula kelapa yang ada pada umumnya.

Kunjungi juga Cibuaya yaitu tempat untuk berendam dan berenang. Bentuknya berupa cekungan pantai dengan kedalaman bervariasi sekitar 0,5 meter hingga 6 meter. Anda akan dapati di dalamnya terumbu karang yang indah dan menikmati matahari terbit dari balik hutan Cikepuh dan terbenam di ujung samudera. Selain itu di Muara Cipanarikan ada butiran pasir yang halus untuk arena bermain anak-anak.

Lokasi
Pantai Ujung Genteng terletak di wilayah Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dengan jarak sekitar 220km dari kota Jakarta dan 230km dari Bandung atau 120km dari Sukabumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar